Saat mencetak yang keluar cuma kertas kosong, atau ada hasil cetak samar-samar nggak jelas. Ada beberapa kemungkinan yang jadi penyebabnya, cek saja satu per satu.

  1. Untuk yang sudah diinfus, periksa dan pastikan slang infus tidak terjepit atau tertekuk patah. Pastikan lubang ventilasi infus sudah dibuka.  Cek cartridge apakah kosong (masuk angin) atau masih penuh, tempelkan cartridge ditissu, lihat bekasnya garis lurus berarti bagus, putus-putus berarti mampet. bila semua terlihat normal, langsung aja loncat ke poin 3.
  2. Cartridge tanpa infus, lihat lubang ventilasi udara disebelah atas cartridge, sesudah direfil kebanyakan orang suka menutup lubang ini, jangan terlalu rapat tusuk aja pakai jarum buat saluran pernafasan cartridge. Amati bagian bawah cartridge (bagian nozelnya), lap pakai tissu trus amati lagi, bila terlihat bintik-bintik tinta yang keluar terus berarti refillnya terlalu banyak, silahkan sedot tarik keluar lagi tintanya. Tempelkan pada tissu dan lihat bekasnya (seperti pada no 1), bila semua terlihat normal, baca no 3.
  3. Yang ini tidak semua orang tahu, beruntung kamu membacanya (he2..). Setelah putus asa segala cara dilakukan tinta tetap tidak keluar, kebanyakan orang langsung beli cartridge baru. Syukurlah kalau memang cartridgenya yang rusak, ada kalanya setelah dipasang cartridge baru tinta tetap tidak keluar, solusinya???? Ada baiknya sebelum beli cartridge baru coba dulu adaptor printernya diganti dulu. Adaptor yang sudah drop tidak mampu lagi memanasi nozel-nozel cartridge akibatnya ya bisa ditebak, cartridge tidak bisa menyemprotkan tinta karena temperatur nozelnya kurang panas.
About these ads