Melanjutkan bahasan masalah  error b200 pada printer ip2770 level “user” dipostingan depan, kali ini sampai pada bahasan level “teknisi”. Bila ingin mengikuti langkah-langkahnya, siapkan saja sedikit peralatan: lampu kerja, obeng plus, solder+timah dkk, multimeter, serta segelas kopi. Peralatan lain seperti dongkrak, kunci ring set, tanggem,  palu, gerinda, dsb sebaiknya disingkirkan dulu karena tidak dibutuhkan. Dan jangan lupa persediaan rokok silahkan dibuang jauh-jauh karena meracuni orang di sekitar.

  1. sebelum bongkar, pastikan dulu cartridge warna tidak bermasalah. kadang cartridge warna yang belepotan tinta jadi penyebab error b200.
  2. Gunakan obeng plus, buka printer
  3. Lepas Logic board
  4. Cari komponen resistor R301 dan R301(lokasi tertutup plester hitam, buka dikit biar jos) di logic board (pakai lampu kerja biar mata jadi jreng)
  5. Silahkan cek r301 dan r302 pakai multitester, biasanya sih ada salah satu yang sudah putus
  6. ganti resistor yang putus, r301 = 7k5 ohm, r302 = 15k ohm. bila tidak punya yang sama bisa diganti dengan r yang nilainya mendekati aslinya.
  7. bila r301 dan r302 ternyata normal, ganti fet kotak berkaki 8 yang terhubung dengan r301 dan 302.
  8. Rakit kembali printer, lakukan test print.

Langkah-langkah tadi adalah hasil sharing para teknisi dan sudah terbukti sukses. Silahkan bisa dicoba juga pada seri canon mp.

Pernah pakai avira free? pernah!

Pernah pakai Avast free? pernah bahkan sampai sekarang!

Sekarang pakai Avira free juga? tidak mau!

Alasan lebih memilih Avast free:

  1. Cerdas, hampir tidak pernah ada false alert, software crack berbahaya tetap terdeteksi bro, tapi crack yang aman juga banyak. Avira free terlalu sensitif, dikit-dikit dianggap malware.
  2. Tidak capek serba otomatis, LOL… masih teringat saat pakai Avira free, tancap flashdisk bervirus kudu klik-klik mouse terus sejumlah virusnya, lha kepriben toh kuwi dab! kalau ada sejuta virus bisa capek dan mouse rusak.
  3. Ada fitur boot-time scan,

    scan virus dijadwalkan jalan pas booting, segala macam malware belum sempat mengaktifkan diri sudah dibunuh duluan. Ini cara scan yang ampuh top markotop yang tidak ada di avira free.
  4. Fitur WebRep ok beneeeer, web yang bagus dan yang jelek langsung terlihat di browser sebelah kiri alamat web, juga dapat berpartisipasi memberi penilaian suatu web bagus atau buruk.
  5. Lebih lengkap proteksi real-time nya
  6. Modal free email dapat gratis pakai 1 tahun, atau mau lebih gila lagi pakai W6754380R9978A0910-4TZ59467 bisa aktif sampai 2038

Ini sekedar pendapat pribadi yang subjektif, yang lebih milih Avira free mohon jangan sakit hati, silahkan saja komentar mengapa pilih Avira free…. (penasaran pengen tahu juga,🙂 )

 

Yang mau ikutan pakai Avast free : download aja

 

 

 

Saat mencetak yang keluar cuma kertas kosong, atau ada hasil cetak samar-samar nggak jelas. Ada beberapa kemungkinan yang jadi penyebabnya, cek saja satu per satu.

  1. Untuk yang sudah diinfus, periksa dan pastikan slang infus tidak terjepit atau tertekuk patah. Pastikan lubang ventilasi infus sudah dibuka.  Cek cartridge apakah kosong (masuk angin) atau masih penuh, tempelkan cartridge ditissu, lihat bekasnya garis lurus berarti bagus, putus-putus berarti mampet. bila semua terlihat normal, langsung aja loncat ke poin 3.
  2. Cartridge tanpa infus, lihat lubang ventilasi udara disebelah atas cartridge, sesudah direfil kebanyakan orang suka menutup lubang ini, jangan terlalu rapat tusuk aja pakai jarum buat saluran pernafasan cartridge. Amati bagian bawah cartridge (bagian nozelnya), lap pakai tissu trus amati lagi, bila terlihat bintik-bintik tinta yang keluar terus berarti refillnya terlalu banyak, silahkan sedot tarik keluar lagi tintanya. Tempelkan pada tissu dan lihat bekasnya (seperti pada no 1), bila semua terlihat normal, baca no 3.
  3. Yang ini tidak semua orang tahu, beruntung kamu membacanya (he2..). Setelah putus asa segala cara dilakukan tinta tetap tidak keluar, kebanyakan orang langsung beli cartridge baru. Syukurlah kalau memang cartridgenya yang rusak, ada kalanya setelah dipasang cartridge baru tinta tetap tidak keluar, solusinya???? Ada baiknya sebelum beli cartridge baru coba dulu adaptor printernya diganti dulu. Adaptor yang sudah drop tidak mampu lagi memanasi nozel-nozel cartridge akibatnya ya bisa ditebak, cartridge tidak bisa menyemprotkan tinta karena temperatur nozelnya kurang panas.

Bila PC kamu sering mati mendadak (benar-benar off bukan restart atau bluescreen), cek beberapa kemungkinan berikut sebelum menuduh motherboardnya yang rusak:

  1. Stop kontak listrik kendor
  2. Kabel power listrik rusak, ada bagian yang putus nyambung di dalam kabel
  3. Tegangan listrik turun di bawah 180 volt (tanpa pakai stavolt)
  4. Soket ATX power supply longgar
  5. Power supply rusak (pernah nemuin CPU sering mati tapi saat direbahkan nyala stabil, aneh??? ternyata PSUnya lho yang retak solderan FET nya)
  6. Tombol power casing rusak (biasanya sih begitu dinyalakan baru beberapa detik langsung mati lagi, CMIIW)
  7. Jumper clear CMOS longgar (lol…, ini kenyataan lho pernah nemuin jumper longgar, gak ngira kan??…)

Walau masih berumur muda, beberapa printer seri ini udah minta reset (waste ink tank full). Santai aja bro, silahkan sedot aja AdjProg T13 ini. Udah tak coba sendiri dan berhasil dengan muluusss tanpa kendala.

Oh iya AdjProg T13 ini gak lagi kayak dulu-dulu jaman epson jadul yang harus ubah tanggal komputer segala, gak ada lagi tuh acara ubah tanggal, juga enak bisa jalan di windows 7 (yang 32 bit, 64 bit belum coba lol…)

Cara reset? ah itu sih sama aja kayak yang dulu-dulu.

udah deh klik aja untuk download AdjProg T13

Sekedar sharing nih, ada beberapa langkah yang bisa dicoba untuk perbaikan error B200. Kalau cara yang disarankan canon: “Matikan printer dan hubungi teknisi” (betul gitu kan???) Cara lain yang layak dicoba dulu:

  1. Saat muncul error B200 biarkan printer tetap nyala, tekan dan tahan tombol resume sambil berhitung sampai 2 detik lalu tekan tombol power (printer mati, tombol resume masih terus ditahan). Tekan lagi tombol power dan tahan (printer nyala). Lepas tombol resume terus tekan 5x, lepas semua tombol (resume dan power)
  2. bila cara pertama gagal, ganti power supply (power supply drop jadi penyebab cartridge kurang daya untuk memanaskan filamennya terus munculah B200)
  3. masih gagal juga? ya udah ikuti saran canon atau ganti printer aja

Bersih-bersih komputer yuk…, kotoran di luar gampang bersihinnya tinggal dilap aja. Tapi gimana nih dengan kotoran di harddisk?

Sering gonta-ganti printer ternyata driver printer jadi menumpuk di windows, padahal kan printer lama udah gak punya lagi, ngapain juga drivernya masih disimpan?

Lebih menjengkelkan lagi saat kita menginstal driver yang error, tiap printer nyambung langsung deteksi dan tanpa ba bi bu windows langsung instal driver error tersebut. Remove printer juga gak menyelesaikan masalah lho, yang diremove cuma devicenya aja, drivernya tetap utuh trus ntar deteksi lagi dan terinstal lagi.

Pada windows 7 ultimate, untuk membuang driver printer tinggal jalankan print management. Trus bagaimana windows 7 home premium? windows ini tidak punya fasilitas print management.

Tenang aja, banyak jalan menuju roma🙂 tinggal RUN printui /s /t2 dan coba pelototi gambar disebelah aja, gampang kan?

gak ada menu RUN? wuih jangan katrox gitu deh tinggal tekan tombol win+r aja

gak ada tombol win? hua ha… pasti kamu pakai keyboard jaman majapahit tuh, klik aja start menu trus ketik run.

gak ada start menu? bodo ah, cape ngajarin orang kayak kamu…

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.