Jika anda memiliki handphone yang support modem, gprs, dan ada bluetoothnya, tidak ada salahnya jika sekali-sekali menggunakannya sebagai modem komputer. Sebenarnya tidak harus menggunakan bluetooth, bisa pula infrared atau kabel data. Karena bluetooth lebih praktis dan sekarang hampir semua handphone ada bluetoothnya, saya bahas saja soal bluetooth.

Apa kartu yang anda gunakan? aktifkan dulu gprsnya. Untuk produk Indosat prabayar, fasilitas GPRS sudah aktif saat kartunya diaktifkan. Untuk kartu yang lain bisa menghubungi CS untuk mengaktifkan GPRSnya.

Pastikan komputer anda sudah ada bluetooth, beli dulu kalau belum punya,

harganya sekitar 40rb. bluetooth bluetooth2 bluetooth3 Pasang bluetooth di komputer, instal drivernya kalau bluetooth disertai cd driver. Instal juga software BlueSoleil untuk mempermudah pembuatan koneksi, tentu saja ini tidak harus dilakukan, karena koneksi bisa dibuat manual lewat add new connection. blusoleil

Langkah pertama lakukan SETTING MODEM.
Control Panel->Phone And Modem Options. Masuk pada Tab Modems. Pastikan driver modem sudah terinstal dan telihat bluetooth modem di PC. Klik 2x pada bluetooth modem, pilih tab Advanced, pada bagian extra setting diisi sesuai dengan provider sbb:

  1. Telkomsel = AT+CGDCONT=1,”IP”,”internet”
  2. ProXL = AT+CGDCONT=1,”IP”,”www.xlgprs.net”
  3. IM3 dan Mentari = AT+CGDCONT=1, “IP”,”indosatgprs”
  4. Axis = AT + CGDCONT=1,”IP”.”axis”

Jalankan bluesoleil, deteksi handphone, klik kanan handphone pilih pair, masukkan passkey apa saja bila diminta misal 1 pada HP dan pada komputer, klik dialup pada bluesoleil, isi user name dan password sebagai berikut: (untuk dial number pada blusoleil sudah terisi: *99***1#)

Telkomsel = user : wap, password : wap123

Indosat = user : indosat, password : indosat (volume per kB)

Indosat = user : indosat@durasi, password : indosat@durasi (durasi per menit)

ProXL = user : xlgprs, password : proxl

Axis = user : axis, password : 123456

Untuk windows Vista harus setting manual karena bluesoleil tidak jalan. buka device manager, modem, Standard modem over bluetooth link, properties, advanced. Isi sesuai kartu yang digunakan. Lalu add new conection menggunakan modem itu.

Jika sudah berhasil connected, anda bisa browsing pakai ie, firefox, opera, dll. Jangan lupa setting browser anda agar berjalan lebih cepat. Misal yang gratis setting saja pakai software fullspeed.