Pernahkah harddisk anda yang belum begitu berumur tiba-tiba ngadat? Windows loading sangat lambat, bahkan gagal loading, file-file corrupt, itu semua adalah gejala bad sector pada harddisk. Suatu harddisk terdiri dari ribuan bahkan jutaan sector, tiap data yang disimpan akan menempati satu atau banyak sector tergantung ukuran sector dan ukuran file. Bila suatu sector mengalami gangguan magnetic, maka data menjadi tidak terbaca (corrupt)

Apa penyebab bad sector? penyebab utama tentu saja listrik yang sering mati mendadak, harddisk masih berputar tiba-tiba harus berhenti dengan posisi head baca/ tulis acak tanpa parkir di tempat aman.

Kali ini saya coba menjelaskan perbaikan bad sector dengan cara low level format. Cara ini akan benar-benar menghapus harddisk secara total. Data pada harddisk tidak mungkin lagi diangkat setelah dilakukan low level format, berbeda dengan format biasa yang masih bisa diunformat atau diambil datanya.

cara termudah gunakan MHDD mhdd2

Bila belum punya bisa anda dapatkan di sini. Burnning iso image MHDD pada cd dan gunakan cd tersebut untuk booting.

Harap diperhatikan MHDD hanya bekerja pada harddisk posisi master, bila anda memasangnya pada slave, pindah dulu jumpernya ke posisi master masterslave. Bila menggunakan harddisk sata dan tidak terdeteksi oleh MHDD, coba pindahkan konektor sata ke sata sebelahnya. Biasanya pada mainboard ada 2 sampai 6 sata.

Setelah berhasil booting dengan cd MHDD, pilih harddisk dari daftar yang ditampilkan mhdd, pertama cek dulu apakah benar ada bad sector. Tekan f4, dan f4 lagi untuk mulai pengecekan, bila ditemukan bad, segera saja tekan Esc agar berhenti cek dan lanjutkan dengan low level format. Ketik “erase” untuk menjalankan low level format, pilih start sector 0 dan end sector yang sudah tertulis langsung enter saja. Tunggu sampai proses selesai.

Bila sudah selesai cek lagi menggunakan f4. Bila sudah bersih, selamat! harddisk anda sudah bebas dari bad sector. Selanjutnya tinggal partisi ulang dan instal system operasi (windows, linux, etc)

Lebih lanjut untuk harddisk sata lihat di sini.