Belakangan ini menjamur monitor lcd widescreen, ini memang berawal dari permintaan pasar yang lebih menyenangi model widescreen. Monitor widescreen menurut saya punya banyak kelebihan, yang utama tentu saja layar lebih luas, bila digunakan browsing lebih nyaman karena semua halaman terlihat tanpa perlu scroll kiri kanan, buat nonton film juga sip karena kebanyakan DVD movie berformat widescreen. widesreen

Meski begitu beberapa batang, eh beberapa orang😀 tidak begitu suka model widescreen. Berikut beberapa hal yang mereka keluhkan:

  1. gambar jadi melebar, orang kurus saja bisa kelihatan gendut
  2. saat menggambar hasil print tidak sama dengan di layar, di layar gambar lingkaran setelah diprint ternyata lonjong
  3. tidak nyaman karena semua tampak melar

Mengapa segelintir orang bilang begitu kalau kebanyakan orang justru suka widescreen? Masalahnya adalah setting resolusi monitor. Saat mereka mengganti monitornya dengan model widescreen, mereka lupa (atau tidak tahu) untuk mengubah resolusi. Set saja resolusi ke maksimal misal resolusi 1366 x 768 untuk monitor lcd 15,6 inc.

Klik kanan pada dekstop pilih properties, ubah resolusi ke maksimal.resolusiIngat tidak semua VGA mendukung mode wide screen. Bila kebetulan anda menggunakan VGA model lama cobalah untuk update drivernya agar mampu menampilkan resolusi wide screen.