Monitor crt memang mulai ditinggalkan begitu harga monitor lcd turun drastis, tapi bagaimana dengan monitor crt 2nd? Ternyata masih banyak juga peminatnya, mungkin karena harganya yang sangat terjangkau. Kebutuhan yang menuntut untuk memiliki sebuah pc tapi anggaran sangat mepet, tak ada pilihan lain monitor crt 2nd pun jadi andalan.

Saat membeli monitor crt 2nd telitilah dengan seksama, kebanyakan penjual hanya memberikan masa garansi 3 sampai 7 hari untuk barang bekas seperti ini. Supaya tidak menyesal dengan barang yang anda beli ikuti tips berikut:

  1. Lihat tahun produksi, terdapat pada label di bagian belakang. Pilihlah yang belum begitu berumur.
  2. Lihat merknya, misal bila satu merk Tronton dan satunya merk Dell anda tentu tahu harus pilih yang mana.
  3. Nyalakan dan amati gambarnya, amati warna apakah masih natural? harus ada warna merah, hijau dan biru serta perhatikan keseimbangan warnanya, warna putih harus terlihat benar-benar putih tidak kemerahan, kehijauan, atau kebiruan.
  4. Amati bagian keempat pojok dan bagian tengah layar, perhatikan apakah tulisan pada tempat-tempat tersebut masih tajam semua atau hanya tajam di tengah saja?
  5. Atur contrast dan brightness, coba maksimalkan apakah layar masih cerah atau sudah mulai redup? Tabung crt yang sudah terlalu tua biasanya akan redup.
  6. Coba menu-menunya terutama horizontal size dan vertical size apakah masih berjalan normal?
  7. Dengarkan suaranya, bila ada suara cetak-cetik atau berdesis sebaiknya pilih yang lain.
  8. Tunggu sekitar 10 menit, amati lagi bila gambar berubah menjadi agak kabur sebaiknya hindari beli itu.
  9. Coba sedikit dipukul-pukul, bila saat dipukul gambar warna berubah atau gambar menciut, dsb, pilih yang lain saja.
  10. Intip bagian dalam monitor dibagian pojok belakang. Di bagian ini terlihat flyback monitor, bila flyback sudah dicangkok akan sangat terlihat bila diintip. Sebaiknya hindari membeli monitor seperti ini.
  11. Setelah panas, matikan monitor, amati layar saat dimatikan apakah timbul bintik di tengah? Bintik di tengah menandakan tegangan flyback yang tidak beres bahkan kadang menimbulkan cacat bintik permanen pada tabung.
  12. Pastikan layar masih mulus tidak ada goresan dan body tidak ada yang bagian yang pecah.