Mungkin masih banyak orang yang menginginkan windows Xp pada laptopnya. Pernahkah anda menginstall windows Xp dan selalu bluescreen? Kebanyakan laptop sekarang memang didesain untuk menggunakan windows Vista atau windows 7, laptop sekarang selalu menggunakan controller harddisk sata AHCI dan juga RAID sata, windows Xp belum mengenali ini jadi pada cd installer windows Xp tidak menyediakan driver untuk hardware tersebut dan saat proses instalasi karena driver tidak ada terjadilah bluescreen.

Untuk mengatasinya mudah saja, masuk ke bios carilah setting sata, disabled sata RAID dan ubah sata AHCI menjadi sata as IDE atau compatible mode. Semudah itukah? tentu kebanyakan dari kita akan berpikir demikian, tapi ingat tidak semua laptop menyediakan setting sata pada biosnya. Contoh yang sering ditemui adalah HP-Compaq CQ40 series. Bagaimana anda akan mengubah setting sata bila biosnya terlalu protektif tidak menyediakan setting tersebut?

Update bios? ya itu memang bisa. Tapi saya tidak setuju dengan cara ini. Cara ini bisa dibilang nekat, cuma menginginkan windows Xp haruskah menanggung resiko kegagalan update bios yang bisa menyebabkan laptop mati total? (orang jawa bilang: ih, jongasi!πŸ˜€ ). Langkah paling aman cari saja driver sata AHCI dan tambahkan pada windows intaller.

Ada software yang bisa melakukan ini dengan sangat mudah dan simpel. gunakan NLITE untuk menambahkan driver pada installer. dan membuat cd installer baru yang sudah terisi driver sata AHCI. Nlite dapat digunakan langsung pada windows Vista, pada windows Xp anda harus menginstall dulu NET Framework 2.0 untuk dapat menjalankan Nlite. Untuk driver sata AHCI dapat anda download dibawah ini.

download driver SATA AHCI

download NLITE

download NET FRAMEWORK 2.0 (32 bit)

download NET FRAMEWORK 2.0 (64 bit)