Netbook warna-warni dari Dell ini berprocessor N280, sayang hanya disertai RAM 1 Gb. Windows yang disertakan juga hanya Windows Xp Home SP3. Beberapa orang mengeluhkan netbook ini tidak bisa shutdown alias hang saat shutdown. Nah loh…!

Apa yang jadi masalah? Mungkin banyak dari kamu udah browsing sana-sini dan cuma dapat jawaban-jawaban: coba disabled startup-startup pada msconfig, coba uninstall software-software bawaan dell, coba update driver-driver, coba ganti anti virus, coba restore windows ke kondisi awal, coba bawa ke Dell, coba…. Halah!! capek deh!

Kalau nggak tahu pasti mendingan jangan ngasih solusi, bikin orang tambah pusing saja! Ini nih yang benar, masalah ada pada sound. driver sound tidak berjalan sempurna pada Windows Xp Home SP3 ini. Tentu saja netbook akan dapat shutdown dengan kondisi sound disabled. Tapi siapa mau punya netbook tanpa sound???? Sialnya update driver terbaru juga tak menolong.

Solusi satu-satunya ganti operating systemnya. Ucapkan selamat tinggal pada Windows Xp Home SP3. Untuk instalasi Windows 7 atau Vista perlu dipertimbangkan masak-masak. Masalahnya ram cuma 1 Gb, wah berat dong… Akhirnya pilihan paling tepat ada pada Windows XP profesional SP2, dan setelah terinstall terbukti lancar shutdown tanpa masalah.

Sedikit kendala pada instalasi Windows Xp, netbook ini menggunakan controller harddisk Sata AHCI dan Windows Xp belum mengenal ini, jadi saat instalasi akan selalu terjadi bluescreen. Solusinya lihat di sini. Dan yang saran terakhir, ingat hindari pembajakan, belilah Windows asli.