Sangat tidak nyaman bila menggunakan PC dengan suara yang berisik.  Ada beberapa kompunen CPU yang berpotensi menimbulkan kebisingan. Bermacam kipas (fan) dari kipas headsink processor, kipas casing, sampai kipas power supply. Suara putaran harddisk, dan juga putaran optical drive ikut-ikutan menyumbang kebisingan.

Mari kita perhatikan satu per satu, harddisk tentu saja harus berputar, beberapa harddisk memang bersuara berisik. Saya tidak setuju bila ada yang bilang harddisk dengan RPM tinggi lebih berisik, kenyataannya harddisk-harddisk jadul dengan rpm rendah malah jauh lebih berisik, bila kita tidak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk mengganti type harddisk yang tidak berisik, kita tinggalkan saja masalah harddisk. cukup kencangkan baut-bautnya sehingga mengurangi getaran pada casing.

Optical drive, bisa kita abaikan. Jarang sekali optikal drive kita pakai, paling hanya buat instal dan mutar film. Saat tidak dipakai optikal drive berhenti berputar dan tidak menimbulkan berisik.

Kipas-kipas, inilah yang jadi biang kerok utama. bila diperhatikan kipas casing dan kipas power supply jarang sekali yang berisik berlebihan karena kecepatannya memang tidak seberapa.suara bising paling banyak ada pada kipas processor dan kadang juga kipas VGA yang rusak. kipas VGA rusak tentu saja mau tak mau harus diganti bila sudah sangat berisik.

Kipas processor sering berputar sangat cepat (lebih dari 4000 rpm) sampai berdengung. Ini biasa bila setting pada bios masih default. Banyak mainboard setting bios defaultnya membiarkan cpu fan pada posisi always on yang tentu saja berdampak bising.

Aturlah Q-fan control menjadi enabled, dan pilih profile optimal atau bisa pula silent. Cukup ini saja? Tidak! akan lebih menolong bila temperatur processor juga kita turunkan sehingga kipas akan lebih silent.

Tiap bios berbeda-beda konfigurasinya, tetapi pada dasarnya sama. Cobalah amati bios anda dulu dan anda akan menemukan setting untuk pengaturan fan dan speed processor ini.

Speed processor dapat turun saat tidak sibuk kerja sehingga temperatur juga turun dan otomatis kipas berputar lebih pelan. Jangan lupa setting pula pada control pannel, power options, ubah ke posisi power saver, inilah posisi yang menentukan agar speed processor menyesuaikan kebutuhan aplikasi. Tapi harap ingat untuk processor-processor jadul tentu saja speednya tidak bisa naik turun seperti ini, perhatikan dulu apa processor komputer anda.