Apa itu flyback? mengapa bisa bocor? emang isinya angin???? STOP! gak usah bingung kayak gitu, flyback adalah sebuah transformator tegangan tinggi dengan output hingga 25.000 volt. Untuk voltage sebesar ini tentu saja semua penghantar harus tertutup serapat mungkin, sedikit celah saja akan banyak elektron yang meloncat hingga timbulah petir mini dengan suara yang mengagetkan. Bayangkan saat asyik ngetik ataupun browsing, tiba-tiba ada suara pletak-letek yang keras dari monitor, siapa yang tidak kaget?

Jika kebocaran agak besar, tidak lagi timbul suara mengagetkan tapi hanya suara desis disertai api biru yang menyembur dari lubang bocor. Salah satu penyebab bocornya flyback adalah kualitas material flyback yang rendah. Kebanyakan monitor abal-abal dibawah 500rb rupiah menggunakan flyback murahan, sering mati short juga sering bocor.

Dilihat dari bagian yang bocor ada tiga bagian yang perlu diperhatikan. yang pertama adalah body flyback, bisa dilihat langsung bagian yang bocor akan bengkak dan berlubang seperti bisul meletus. Kasus seperti ini tidak bisa ditolong lagi selain mengganti flyback.


Yang kedua bocor pada bagian cop flyback yang berupa karet penutup konektor pada crt (tabung). Cara mengatasinya matikan monitor, tunggu beberapa saat agar flyback melepas semua muatannya dulu. buka cop (tak perlu pakai acara nge-ground flyback kayak pada tv, flyback monitor tidak menyimpan muatan listrik lama). Bersihkan permukaan crt, gunakan kanebo akan lebih bersih. bersihkan juga karet cop tersebut. Kamu punya kendaraan kan????😀, ambil setetes oli pada kendaraan kamu, oleskan pada karet cop tadi lalu pasang kembali, beres dah.

Berikutnya adalah bocor pada pangkal kabel flyback. Siapkan uang 6rb rupiah untuk beli lem sealer di toko besi atau bengkel motor terdekat, habiskan satu tube sealer untuk menutup kabel tersebut, gunakan kertas digulung untuk menahan sealer tersebut. Benar-benar gunakan semua sealernya, jangan pelit-pelit  karena tambalan tipis tidak akan mampu menahan listrik 25000 volt. tunggu sehari semalam sampai sealer benar-benar kering dan kuat sebelum menyalakan monitor. Kenapa menggunakan sealer? sealer bersifat kenyal dan tahan panas, bila menggunakan lem yang keras saat flyback panas lem akan memuai dan retak, akibatnya…..? petir muncul lagi!