Pinter inkjet memang murah meriah ya? Lalu bagaimana dengan cartridgenya?😀 semua pasti setuju, SANGAT MAHAL! Harga sepasang cartridge hampir sama dengan harga printer baru. Karena itulah tidak bisa disalahkan bila konsumen memilih untuk merefill cartridge. Bisa murah buat apa mahal?

Apakah menggunakan tinta refill bisa merusak printer? TIDAK!! yang benar adalah pemakaian tinta refill terutama tinta kualitas abal-abal akan merusak printhead. Printhead menjadi buntu, hasil cetak amburadul.

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar printhead/ cartridge inkjet printer awet :

  1. Gunakan tinta yang bagus, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang ini. Tinta yang jelek mengharuskan printer dihidupkan setiap hari, tinta yang bagus cukup seminggu bahkan 2 minggu sekali menghidupkan printer untuk menghindari printhead mampet (tidak berlaku untuk tinta jenis durabryte dan sublimasi yang memang sangat kental). Ada yang tahu tinta yang benar-benar bagus? silahkan share di sini.
  2. Isi cartridge sebelum habis. Pada printer model bubble jet menggunakan pemanasan untuk menyemprotkan tinta. Bila tinta habis otomatis nozel akan mengalami overheat. Panas yang berlebihan beresiko memutuskan filamen pemanas pada cartridge. Belum lagi masalah inlet tinta yang berupa saluran kecil tempat tinta mengalir dari tank ke bagian penyemprot, saat tinta benar-benar habis inlet akan terisi angin. Setelah diisi tinta saluran ini tidak bisa mengalirkan tinta karena tersumbat angin tadi.
  3. Hilangkan kebiasaan jorok, jaga kebersihan. saat mengisi ulang tinta segera lap tumpahan tinta pada cartridge. Tumpahan tinta ini akan menyebabkan short (hubung singkat) pada bagian elektrikalnya sehingga cartridge tidak terdeteksi bahkan bisa menjadi mati gara-gara ini.
  4. Printer rumahan tidak boleh dipaksakan kerja berat, ingat ini bukan jenis printer untuk industri percetakan. Hindari mencetak ratusan lembar sekaligus, beri waktu printer untuk istirahat. mencetak non stop seperti itu menyebabkan overheat dan merusak cartridge.