Melanjutkan bahasan masalah  error b200 pada printer ip2770 level “user” dipostingan depan, kali ini sampai pada bahasan level “teknisi”. Bila ingin mengikuti langkah-langkahnya, siapkan saja sedikit peralatan: lampu kerja, obeng plus, solder+timah dkk, multimeter, serta segelas kopi. Peralatan lain seperti dongkrak, kunci ring set, tanggem,  palu, gerinda, dsb sebaiknya disingkirkan dulu karena tidak dibutuhkan. Dan jangan lupa persediaan rokok silahkan dibuang jauh-jauh karena meracuni orang di sekitar.

  1. sebelum bongkar, pastikan dulu cartridge warna tidak bermasalah. kadang cartridge warna yang belepotan tinta jadi penyebab error b200.
  2. Gunakan obeng plus, buka printer
  3. Lepas Logic board
  4. Cari komponen resistor R301 dan R301(lokasi tertutup plester hitam, buka dikit biar jos) di logic board (pakai lampu kerja biar mata jadi jreng)
  5. Silahkan cek r301 dan r302 pakai multitester, biasanya sih ada salah satu yang sudah putus
  6. ganti resistor yang putus, r301 = 7k5 ohm, r302 = 15k ohm. bila tidak punya yang sama bisa diganti dengan r yang nilainya mendekati aslinya.
  7. bila r301 dan r302 ternyata normal, ganti fet kotak berkaki 8 yang terhubung dengan r301 dan 302.
  8. Rakit kembali printer, lakukan test print.

Langkah-langkah tadi adalah hasil sharing para teknisi dan sudah terbukti sukses. Silahkan bisa dicoba juga pada seri canon mp.